
Belajar Dari Rumah
Belajar dari Rumah di
tengah mengantisipasi penyebaran Covid-19.
Bagaimana memberikan
tugas yang membahagiakan siswa?
1.
Rancang
siklus dan sebaran tugas.
Kepala sekolah bersama guru harus mengkalkulasi
sebaran tugas untuk setiap mata pelajaran di setiap kelas. Sebagai manajer
kepala sekolah harus mendesain siklus tugas yang diberikan guru.
2. Beri tugas secara bertahap.
Pemberian tugas secara bertahap menjadikan
pembelajaran lebih dimengerti oleh anak. Kemungkinan anak mengerti lebih dalam
pada setiap bahasan yang lebih besar. Pemberian tugas secara bertahap juga
membuat guru lebih mudah dalam menggorganisasi materi dan pengecekan secara
rutin.
3. Menjadi guru yang memiliki empati.
Guru yang mendidik dengan hati akan mampu
merasakan beban siswanya. Disini guru perlu memgajak siswa melakukan refleksi
pembelajaran di rumah. Terutama untuk mendapat masukan dan memperbaiki proses
pembelajaran di rumah.
4. Berikan tugas yang membuat Bahagia.
Tugas guru saat ini adalah membantu pemerintah
agar para siswa tetap sehat di tengah wabah Covid 19. Social distancing membuat
mereka tidak bisa belajar bersama, guru harus mendesain tugas agar siswa bisa
merasa sedang rekreasi di rumah sendiri. Misalnya, ganti tugas meringkas dengan
membuat peta pikiran hasil bacaan. Membuat peta pikiran akan membelajarkan
siswa memaknai bacaan tanpa dipaksa. Imajinasi dan kreativitas siswa akan
berkembang dan bisa membuat mereka bahagia. Tugas yang membahagiakan juga bisa
dimulai dengan memberikan opsi atau pilihan kegiatan sehingga siswa bisa
memilih jenis kegiatan yang mereka paling sukai untuk dikerjakan. Pilihan
kegiatan bisa guru memberikan pilihan juga bisa sangat terbuka diserahkan
kepada siswa. Jika ini dilakukan mungkin akan melatih anak untuk berpikir
kreatif dalam menentukan dan mendesain sendiri apa yang ingin mereka lakukan
terkait tujuan pembelajaran yang disampaikan guru. Berikan juga tugas proyek
individu, seperti menulis cerpen, membuat komik, membuat poster, menulis synopsis,
menulis puisi, menulis skenario drama, melukis, membuat jurnal kegiatan selama
belajar di rumah, atau membuat laporan tentang perkembangan wabah Covid 19.
5. Beri apresiasi pada siswa.
Walaupun tanpa bertatap muka guru harus
memberikan apresiasi pada tugas yang sudah dikerjakan siswa, salah satu caranya
adalah memajangnya di akun medsos guru, ini adalah cara sederhana penuh
bermakna.
6. Dampingi siswa
dengan hati.
Jangan biarkan siswa merasa sendiri dalam melewati hari-hari belajar
mandiri. Guru bisa bangun kebersamaan dan perlihatkan bahwa guru juga belajar,
sama seperti mereka yang selalu menambah ilmu. Mendampingi dengan hati juga
bisa dengan membangun kebersamaan dengan pertemuan daring untuk membahas tugas
atau membahas kegiatan harian. Bantu siswa untuk memanfaatkan masa belajar di
rumah untuk membangun kedekatan dengan keluarga dan memperbanyak ibadah. Agar
hari berat dalam memutus rantai penularan Covid-19 ini bisa mereka lewati
dengan bahagia. Siswa tidak boleh stress. Mereka harus tetap bersemangat hingga
saat kembali ke sekolah tiba.