
TEKNOLOGI PENDIDIKAN ERA DIGITAL DAN TANTANGAN INDONESIA MENGHADAPI DINAMIKA PERADABAN MILENIUM SEBAGAI ERA ROBOTIC
DIJAMAN sekarang ini atau yang sering kita sebut juga
sebagai era yang modern ini, banyak perkembangan teknologi saat ini yang tidak
bisa dihindari, kehidupan anak-anak remaja jaman dahulu sangat jauh berbeda
dengan kehidupan anak-anak remaja jaman sekarang. Pembelajaran pada jaman
sekarang pun sangat berbeda dengan pembelajaran pada jaman dahulu. Kini
teknologi digital sudah memasuki seluruh aspek kehidupan termasuk pendidikan.
Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat di era globalisasi saat
ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya terhadap dunia pendidikan.
Gerak informasi yang kencang di era
digital ini memang tidak bisa dihindari karena mengontrolnya pun tidaklah
mudah. Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan pun telah banyak
menghasilkan inovasi-inovasi baru guna menunjang proses pembelajaran. Salah
satunya adalah semakin banyaknya variasi media pembelajaran berkat perkembangan
teknologi yang semakin pesat. Dalam dunia pendidikan sudah dirasakan adanya
pergeseran, dan bahkan perubahan yang bersifat mendasar pada tataran filsafat,
arah serta tujuannya.
Tuntutan global menuntut dunia
pendidikan untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi
terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan, terutama penyesuaian
penggunaannya bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.
Teknologi digital juga dapat
bermanfaat terhadap perubahan perilaku manusia termasuk pendidikan dan peserta
didik, didalam mencari, mengumpulkan, mendokumentasikan, mengolah dan
mentransfer kembali bahan ajar sesuai dengan kebutuhan. Mencampur bahan ajar di
dalam proses pembelajaran dengan teknologi digital dapat lebih menarik serta
memberikan motivasi belajar, karena mencampur bahan ajar tidak monoton pada
teks, tetapi dapat dicampur lebih kreatif dan menarik karena digabungan gambar,
audio, video dan animasi, sehingga dapat mempengaruhi perubahan perilaku
belajar berkembang dengan lebih baik.
Kemajuan media teknologi dan
informasi sudah dirasakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat, baik dari
segi positif maupun negatif dari penggunaanya. Hal ini dikarenakan pengaksesan
media informasi dan teknologi ini tergolong sangat mudah atau terjangkau untuk
berbagai kalangan, baik untuk para anak muda maupun orang tua dan kalangan kaya
maupun kalangan menengah kebawah. Bahkan pada umumnya, saat ini anak-anak usia
5-12 tahun menjadi pengguna teknologi terbanyak. Oleh karena itu, tidak heran
jika dampak positif dari perkembangan media informasi dan teknologi untuk anak
usia 5 hingga 12 tahun dikatakan sebagai generasi multitasking.
Teknologi digital bukan merupakan hal
yang baru dan dating secara tiba-tiba, tetapi sudah berproses sejak puluhan
tahun 80an, sehingga sampai abad 21 sekarang ini, disebut era digital. Pada era
ini penggunaan teknologi digital sudah menjadi kebutuhan. Dengan adanya
perkembangan informasi ini seharusnya bisa mempermudah dalam dunia pendidikan.
Namun yang terjadi tidaklah demikian, kencangnya informasi ternyata tidak
selalu berpengaruh positif. Semua hal pasti ada efek positif dan efek
negatifnya termasuk dengan teknologi informasi yang maju di era digital ini. Di
abad yang ke 21 ini, teknologi digital menjadi semakin penting untuk memiliki
keterampilan belajar dan berinovasi.
Pada kenyataannya pun teknologi
pembelajaran akan terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan
jaman. Bahkan dalam pelaksanaan pembelajaran sehari-hari kita sering menjumpai
adanya pemanfaatan dari perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan, seperti
yang sering dilakukan oleh pendidik yaitu mengkombinasikan alat teknologi dalam
peroses pembelajaran. Namun dengan demikian, teknologi itu tidak hanya
mendatangkan manfaat positif, melainkan juga akan dapat mendatangkan dampak
negatif, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berdampak positif dengan
semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dan ke seluruh
dunia menembus batas ruang dan waktu.
Dengan adanya teknologi informasi di
dunia pendidikan dapat meruntuhkan jarak antara tenaga pengajar dan pelajar.
Teknologi informasi menawarkan cyber teaching atau pengajaran maya, di mana
proses pengajaran dilakukan melalui internet. Sekarang sudah banyak
website-website yang bergerak di ranah cyber teaching. Dengan teknologi ini
tidak ada lagi alasan untuk tidak belajar.
Dalam perkembangan teknologi yang
berkembang sangat pesat dibarengi dengan munculnya peralatan dan aplikasi yang
sangat mudah dipelajari dan dimanfaatkan menjadi media pembelajaran. Peralatan
teknologi yang sudah sangat familiar dikalangan masyarakat adalah gadget yang
banyak memiliki fitur-fitur aplikasi yang mudah untuk digunakan dalam mencari
informasi pembelajaran, dalam gadget sudah banyak memiliki aplikasi media
sosial yang bisa digunakan dalam mencari materi pembelajaran dan sangat mudah dalam
pengoprasiannya. Dengan sangat mudahnya mengakses perkembangan teknologi
melalui jaringan internet ilmu pengetahuan sangat mudah diakses dan
disebarluaskan, bahkan dengan bantuan teknologi ini pendidik maupun peserta
didik mampu menerapkan pembelajaran tanpa melaksanakan tatap muka atau
menggunakan aplikasi online. Hal ini mengindikasi bahwa peran teknologi sangat
signifikan dalam pembelajaran yang menyesuaikan dengan perkembangan jaman.
Pada era digital ini perkembangan teknologi berjalan dengan begitu sangat cepat sehingga memiliki dampak positif. Dampak positif dari perkembangan teknologi terhadap dunia pendidikan, antara lain : (a). Memudahkan dalam mencari informasi yang sedang dibutuhkan. (b). Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan. (c). Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan dan dapat membuat kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan. (d). Munculnya bermacam-macam komunitas dari internet guna menjalin relasi baru. (e). Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan teknologi terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan teknologi bisa dibuat abstrak. (f). Peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pengembangan dan pendaya gunaan teknologi informasi dan komunikasi. (g). Dapat digunakan sebagai sistem pendukung keputusan dalam dunia pendidikan. Guru meningkatkan kompetensinya pada berbagai bidang ilmu dan profil institusi pendidikan diketahui oleh pemerintah. (h). Dapat membuat perpustakaan online (perpustakaan dalam bentuk digital).
Di balik kemajuan teknologi informasi
yang memiliki dampak positif, ternyata ada dampak negatif juga yang dapat
ditimbulkan pada dunia pendidikan, yaitu : (a). Banyaknya informasi yang
menarik bagi siswa di internet membuat siswa terkadang tidak fokus ketika
pembelajaran sedang berlangsung. (b). Mempermudah terjadinya pelanggaran
terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses
data dapat menyebabkan munculnya penjiplakkan atau plagiatisme untuk melakukan
suatu kecurangan. (c). Banyaknya informasi menarik atau game online membuat
peserta didik menjadi malas belajar. Peserta didik lebih suka menjelajahi dunia
mayanya dengan berbagai informasi menarik yang disajikan. (d). Penyalah gunaan
pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindakan kriminal.
Kemajuan di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang e-book berpengetahuan
tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. (e). Maraknya penyebaran
pornografi di kalangan peserta didik yang akan merusak moral generasi muda
jaman sekarang. Bagi jiwa yang masih muda dan suka penasaran melihat hal yang
berbau pornografi justru akan membuat peserta didik ingin mencoba karena
penasaran. Inilah yang kemudian akan membuat siswa mengalami kerusakan moral.
(f). Peserta didik dapat melupakan untuk menjalankan kewajibannya seperti
belajar dan beribadah. (g). Teknologi informasi membuat pengaruh dari luar
negeri masuk dengan sangat bebas dan sangat sulit dibendung. Inilah yang
menyebabkan datangnya pengaruh pergaulan bebas di kalangan peserta didik karena
mencontoh apa yang mereka lihat di luar melalui media informasi.
Itulah berbagai efek negatif teknologi terhadap dunia pendidikan, peserta didik khususnya yang menjadi korban langsung dari derasnya arus informasi. Semua pihak harus ikut mengontrol arus informasi yang diterima peserta didik agar peserta didik juga bisa kembali menerima pendidikan dengan baik dan benar.
Pendidikan di era globalisasi berarti
terintegrasinya pendidikan nasional kedalam pendidikan dunia. Peserta didik
harus dibekali kompetensi yang memadai agar peserta didik dapat berkembang di
era digital yang sangat kompetitif. Terdapat beberapa masalah dan tantangan
yang dihadapi dunia pendidikan di era digital, antara lain kualitas pendidikan,
profesionalisme tenaga kependidikan, kebudayaan (akulturasi), strategi
pembelajaran, tantangan perbaikan manajemen, serta tantangan kemajuan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Teknologi dalam dunia pendidikan adalah suatu sistem
yang dimanfaatkan untuk menunjang pembelajaran sehingga tercapai hasil yang
diinginkan.
Berdasarkan uraian diatas tersebut
dapat disimpulkan bahwa teknologi memiliki pengaruh yang sangat kuat dalam
bidang pendidikan. Terdapat banyak manfaat yang dapat diambil guna membantu
pendidik dalam melaksanaan proses kegiatan belajar mengajar dan komunikasi
sebagai kontrol peserta didik dirumah maupun kontrol orang tua disekolah. Namun
adanya dampak negatif dari teknologi tidak kalah, hanya bagaimana pendidik dan
orang tua dapat mengontrol dan mengawasi peserta didik agar tidak terjerumus
dalam dampak negatif perkembangan teknologi.(Editor: Sam Nussy)