Artikel

Disiplin Salah Satu Kunci Sukses BDR

Jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 yang terus bertambah tiap harinya membuat aktivitas pembelajaran belum bisa dilaksanakan secara tatap muka. Meskipun beberapa waktu lalu pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melonggarkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di zona kuning dan hijau, namun nyatanya setelah beberapa hari berjalan justru banyak ditemukan kasus terkonfirmasi Covid-19 di kalangan pelajar. Selain itu, dengan adanya relaksasi ini juga nyatanya membuat daerah-daerah yang sudah berada di zona hijau berubah kembali menjadi zona kuning, bahkan oranye dan merah. Hal tersebut tidak lain disebabkan karena kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan yang berkurang dari waktu ke waktu.

 

Di sekolah, kedisiplinan juga sangat dibutuhkan selama mengikuti kegiatan Belajar dari Rumah (BDR). Bagaimana tidak, BDR yang berlangsung setiap hari mengharuskan peserta didik menerima materi dan tugas yang harus diselesaikan pada hari itu juga. Selain berpengaruh terhadap kehadiran, keterlambatan mengerjakan tugas juga akan menyebabkan semakin banyak tugas yang akan dikerjakan keesokan harinya. Jika hal itu terus dilakukan, bayangkan saja dalam satu minggu jika terdapat 14-15 mata pelajaran yang terlambat, maka dalam satu bulan saja akan ada sekitar 60 tugas yang terhutang.


Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memiliki sikap disiplin dalam mengikuti BDR ini sehingga materi dan tugas yang diberikan Bapak/Ibu guru dapat diikuti satu per satu sesuai jadwal yang ditentukan. Dengan batas waktu yang ditentukan sampai pukul 23.59 setiap harinya, seharusnya dengan waktu tersebut sangat cukup bagi peserta didik untuk mempelajari 2-3 mata pelajaran setiap harinya.