
Pembelajaran Imersif, Metode Pembelajaran Masa Depan
Realitas virtual mulai muncul di
kehidupan umat manusia berbarengan dengan munculnya teknologi komputer digital
beberapa dekade yang lalu. Orang kebanyakan mulai bisa merasakannya ketika
game/permainan komputer mulai ada yang awalnya cukup sederhana yang hanya
ditampilkan pada sebidang layar televisi atau monitor sampai hari ini yang bisa
ditampilkan dengan perangkat yang bisa dipakai di kepala. Bahkan ada sekolah yang
secara fisik gedungnya tidak ada, namun dengan virtual reality bisa
seperti nyata ada kelas, ada guru, ada siswa, dan sarana lainnya layaknya
sebuah sekolah ataupun Kementerian Agama berencana pelaksanaan manasik
haji dilakukan secara immersive ini.
Seiring
dunia menjadi semakin didorong oleh teknologi, pembelajaran berbasis kelas
tradisional di mana seorang guru, dosen atau pelatih berdiri di depan kelas
semakin menjadi sesuatu dari masa lalu. Menciptakan lingkungan partisipatif di
mana pendidik memfasilitasi pembelajaran yang aktif dan mendalam dapat sangat
bermanfaat bagi perkembangan peserta didik; memperkaya basis pengetahuan dan
keterampilan praktis mereka.
Bisakah
pembelajaran imersif tidak hanya memegang kunci untuk mengatasi tantangan era
digital, tetapi juga meningkatkan pendidikan dan pengembangan keterampilan
secara signifikan dengan memanfaatkan kekuatan teknologi seperti realitas
virtual, augmented dan campuran?
Teknik
pembelajaran berbasis kelas tradisional sebagian besar bergantung pada gaya
belajar auditori dan cenderung secara tertulis. Baik dalam ruang pendidikan atau pelatihan terkait pekerjaan,
ini memiliki keterbatasan yang signifikan dan diakui secara luas. Setiap siswa adalah unik dan ini tercermin pada bagaimana
mereka memproses dan menyimpan informasi. Dan bagi banyak orang, menyediakan
konten yang menarik dan interaktif menawarkan pengalaman belajar yang lebih
inklusif dan mudah diakses, terutama bagi mereka yang cenderung pada gaya
belajar visual dan kinestetik.
Bayangkan
belajar tentang kehidupan di parit selama Perang Dunia 1. Seberapa mudahkah untuk memahami dan
berempati dengan para prajurit jika Anda benar-benar dapat melakukan perjalanan
ke parit dan mengalami sendiri kondisinya? Sekarang, itu adalah pembelajaran
yang bermakna!
Pembelajaran imersif melibatkan
penggunaan teknologi untuk menciptakan lingkungan digital atau buatan yang
imersif. Pendidik kemudian 'membawa' siswa mereka ke dalam topik pengajaran, membiarkan mereka mengalami dan berinteraksi dengan
pembelajaran, bukan hanya membaca atau mendengarnya. Pembelajaran
bermakna dalam pendidikan menggunakan pengertian yang
berbeda untuk mengubah cara siswa memperoleh dan memproses
pengetahuan, memastikan kelas adalah tempat yang menarik,
menarik dan berkesan untuk belajar. Dengan teori tentang pengalaman belajar
yang imersif tumbuh setiap hari, penelitian telah menunjukkan bahwa itu
menawarkan berbagai peluang.
Pembelajaran
imersif adalah cara yang sangat efektif bagi banyak siswa untuk mengembangkan pengetahuan dan
keterampilan mereka. Ini menyediakan konten dan lingkungan buatan yang
dibuat secara digital yang secara akurat mereplikasi skenario kehidupan nyata
sehingga keterampilan dan teknik baru dapat dipelajari dan disempurnakan.
Pelajar bukan hanya penonton pasif; mereka menjadi peserta aktif yang
secara langsung mempengaruhi hasil.
Dan
terlebih lagi, ia menawarkan ruang bebas risiko dan aman di mana pembelajaran
dapat diulang dan keberhasilan dapat diukur secara akurat. Ini adalah
pembelajaran berbasis praktik di mana langit adalah batasnya.
Jenis Teknologi Pembelajaran Immersive
Dari
pembelajaran imersif di sekolah, hingga pelatihan berbasis kerja praktis,
hingga pengalaman pendidikan informal seperti pameran museum interaktif,
mengenal berbagai jenis teknologi adalah langkah penting pertama bagi pendidik
yang ingin merangkul imersif.
Setiap
jenis teknologi imersif dapat membawa manfaat unik yang dapat diterapkan dengan
cara yang berbeda dalam konteks pembelajaran. Ini termasuk:
1. Virtual
Reality
Realitas virtual (VR) benar-benar membenamkan
pelajar dalam dunia digital alternatif. Konten diakses melalui headset VR
seperti HTC Vive atau Oculus Quest, sering dikombinasikan dengan headphone dan
pengontrol tangan yang memungkinkan pelajar untuk menavigasi jalan mereka di
sekitar ruang virtual mereka.
2. Realitas Tertambah (Augmented Reality)
Alih-alih menghalangi dunia nyata, augmented
reality memadukannya dengan konten digital. Aset digital dapat
mengambil banyak bentuk dan bentuk, sehingga bisa datar dan 2D, yang sangat
bagus untuk informasi instruksional, atau lebih kompleks dan 'nyata' dalam 3D.
Konten dapat dipicu oleh objek atau tempat geografis tertentu. Perangkat
seluler, seperti smartphone dan tablet memungkinkan pelajar mengakses konten,
membuatnya mudah diakses. Contoh yang dikenal luas termasuk filter Pokémon Go
dan Snapchat.
3. Realitas Campuran (Mixed reality)
Mixed reality menggabungkan elemen virtual dan augmented reality.
Seperti augmented reality, itu melapisi konten digital dengan dunia
nyata. Konten ini berlabuh dan berinteraksi dengan objek di dunia nyata.
Perbedaan utama antara realitas campuran dan augmented reality adalah
bahwa dalam realitas campuran, aset digital dapat terlihat dikaburkan oleh
objek dunia nyata.
4. 360 Film
Video 360 derajat cenderung difilmkan secara
langsung, daripada dibuat oleh komputer. Meskipun Anda dapat mengakses konten
ini melalui headset VR dan benar-benar tenggelam dalam suatu lingkungan,
pelajar terikat oleh sudut pandang pembuat film. Ini berarti bahwa pelajar
dapat menggerakkan kepala mereka untuk melihat dunia di sekitar mereka, tetapi
interaktivitas hilang karena mereka tidak dapat berjalan sendiri atau
berinteraksi dengan lingkungan mereka. Ini adalah cara yang bagus untuk
memperkenalkan kunjungan lapangan virtual, membawa siswa ke tempat-tempat yang
jauh tanpa meninggalkan kelas.
Pembelajaran Immersive vs Pembelajaran Eksperiensial
Pembelajaran
imersif dapat dibandingkan dengan teknik pembelajaran berbasis pengalaman. Meskipun terkait erat, ada beberapa
perbedaan utama yang membedakan mereka satu sama lain.
1. Penggunaan Teknologi
Pembelajaran imersif bergantung sepenuhnya pada
teknologi seperti realitas virtual, augmented atau campuran untuk mengakses
konten dan pengalaman, sedangkan hal ini biasanya tidak berlaku untuk
pembelajaran berdasarkan pengalaman.
2. Linier vs non-Linier
Pembelajaran eksperiensial dirancang secara linier,
di mana tindakan tertentu memiliki hasil yang benar atau salah. Pembelajaran
imersif mengeksplorasi aktivitas non-linier di mana tindakan pembelajar dapat
mengungkapkan banyak kemungkinan. Ini adalah pendekatan yang lebih holistik di
mana tidak selalu ada jawaban yang benar.
3. Kapasitas Berpikir
Pembelajaran imersif bergantung pada lingkungan
yang dinamis di mana 100% kapasitas berpikir pelajar diperlukan, sedangkan
pembelajaran berdasarkan pengalaman berlangsung di lingkungan statis yang dapat
membutuhkan jauh lebih sedikit dari pelajar.
Manfaat Pembelajaran Immersive
Pada
akhirnya, pembelajaran imersif ada untuk membekali peserta didik dengan
keterampilan baru dan meningkatkan basis pengetahuan mereka. Apakah
pembelajaran sedang diterapkan di sekolah, perguruan tinggi dan universitas, di
tempat kerja atau di luar, itu sangat bermanfaat bagi individu di semua tahap
kehidupan mereka.
1. Peningkatan pembelajaran melalui melakukan (Learning
by Doing)
Pembelajaran imersif dibangun berdasarkan
penelitian ilmu saraf selama beberapa dekade, yang menunjukkan bahwa otak kita
sebenarnya ditipu oleh konten digital, jadi kita cenderung bereaksi terhadap
pengalaman imersif dengan cara yang sama seperti di dunia nyata. Ini menjadikan
pembelajaran imersif sebagai pengubah permainan untuk pembelajaran berbasis praktik,
karena ini menunjukkan bagaimana kita akan bereaksi dalam skenario kehidupan
nyata.
2. Hubungan emosional dan empati
Seringkali sulit bagi siapa pun, apalagi siswa,
untuk menempatkan diri mereka pada posisi orang lain. Tapi pembelajaran imersif
mengubah itu. Apa cara yang lebih baik untuk memahami seseorang dengan benar,
selain menjadi mereka! Siswa dapat mengalami kehidupan orang yang berbeda dan
berempati dengan mereka dengan cara yang tidak mungkin dilakukan dengan metode
pengajaran tradisional dalam pendidikan.
3. Ini menyediakan lingkungan bebas gangguan
Dengan munculnya kemajuan seluler dan digital,
kehidupan modern semakin penuh dengan gangguan yang tidak dapat kita tolak.
Tapi ini berpotensi memiliki dampak negatif pada pengalaman belajar dan
kemampuan pelajar untuk belajar dan menyimpan informasi. Realitas virtual
menawarkan alat yang sangat efektif dalam hal ini, karena menghalangi dunia
nyata, menyediakan lingkungan bebas gangguan di mana pelajar dapat sepenuhnya
berkonsentrasi pada tugas yang ada.
4. Latihan membuat sempurna
Pengulangan mengarah pada penyempurnaan teknik dan
secara signifikan meningkatkan retensi pembelajaran. Teknologi imersif
menyediakan ruang untuk mengulang aktivitas dan mengeksplorasi hasil yang
berbeda berdasarkan aksi dan reaksi yang berbeda dari pembelajar. Ini sangat
penting untuk pelatihan praktis, karena membantu membangun memori otot dan
menyempurnakan teknik spesifik di mana kesalahan di dunia nyata bisa menjadi
bencana besar, seperti keterampilan bedah yang rumit bagi mahasiswa kedokteran.
5. Membawa pembelajaran menjadi hidup
Meskipun teknologi imersif menawarkan cara yang
brilian untuk mengembangkan keterampilan praktis, teknologi ini juga berpotensi
membantu siswa untuk jatuh cinta pada pembelajaran dan
memicu rasa ingin tahu. Realitas virtual memiliki potensi untuk membawa pelajar
ke waktu dan tempat yang berbeda, dan kemampuan AR untuk meningkatkan dan
meningkatkan pemahaman kita tentang dunia di sekitar kita. Contoh yang bagus
adalah proyek Hold the World Museum Sejarah Alam, yang memperkenalkan siswa
pada spesimen yang jarang terlihat dari koleksi museum dan semuanya dengan
Sir David Attenborough sebagai tutor pribadi Anda.
6. Ini benar-benar pembelajaran yang berpusat pada siswa yang dapat dipersonalisasi
Dalam pengaturan kelas tradisional, pelajar sering
bekerja dengan cara, atau pada kecepatan atau tingkat yang tidak sesuai untuk
mereka. Beberapa akan merasa terlalu lambat dan mungkin kehilangan minat,
sedangkan yang lain mungkin berjuang untuk mengikutinya. Tidak seperti bentuk
teknik pembelajaran yang lebih tradisional, pembelajaran imersif dapat
benar-benar disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan setiap individu, yang berarti
bahwa setiap pengalaman itu unik dan dapat dilakukan pada tingkat dan kecepatan
yang memenuhi kebutuhan mereka.
7. Terukur
Pengalaman belajar dari kelas ke tempat kerja perlu
diukur untuk memastikan tingkat pemahaman dan kemahiran di pihak pelajar.
Platform VISIONxR(™) Future Visual menyoroti bagaimana pembelajaran imersif
dapat dibangun dengan evaluasi di jantung pengalaman apa pun. Pengalaman
pelajar dapat dipantau secara real time oleh guru, pelatih,
atau rekan mereka, memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan umpan balik
segera. Selain itu, data kinerja dapat direkam untuk analisis setelah
pengalaman terjadi – dan juga diulang di kemudian hari untuk menguji retensi
pengetahuan dan keterampilan.
8. Ini adalah tempat yang aman untuk belajar
Baik Anda ingin siswa Anda mengunjungi
tempat-tempat yang sulit dijangkau dan berbahaya, atau mengajarkan praktik dan
prosedur baru, dengan menciptakan kembali skenario kehidupan nyata di ruang
digital, pembelajaran imersif menyediakan lingkungan yang aman dan bebas risiko
untuk mengeksplorasi dan belajar dari kesalahan yang dibuat.
Strategi & Teknologi Pembelajaran Immersive
Pendidik di
seluruh dunia menggunakan berbagai strategi berbeda untuk mendapatkan hasil
maksimal dari pengajaran imersif dan dapat menggunakan berbagai teknologi
pembelajaran imersif untuk menyampaikan strategi ini. Ada
pun strategi tersebut antara lain adalah:
1. Simulasi
Guru membiarkan siswa mereka mengalami pembelajaran dengan menempatkan mereka di jantungnya.
Baik mereka menjelajahi gunung berapi atau melangkah ke Inggris Romawi, siswa
dapat menjadi bagian dari topik, dan belajar melalui pengalaman subjek yang
mereka pelajari dengan simulasi.
2. Gamifikasi
Guru menggunakan permainan untuk membuat siswa
berinteraksi dengan pembelajaran. Ini dapat meningkatkan keterampilan
pemecahan masalah, kerja tim, dan bahkan meningkatkan motivasi siswa karena
siswa lupa bahwa mereka belajar saat bermain.
3. Mendongeng
Guru menarik siswanya dalam pembelajaran
dengan menyajikan konten dalam bentuk cerita. Ini dapat membantu membuat
ide-ide kompleks lebih mudah dipahami dan mendorong siswa untuk mengasosiasikan
konsep yang berbeda dengan bagian cerita yang berbeda.
Pembelajaran Immersive & Virtual Reality
Realitas
virtual menawarkan pengalaman belajar yang mendalam. Dengan mengenakan headset dan headphone,
peserta didik dibawa keluar dari dunia nyata ke ruang virtual.
Ini adalah
cara yang dicoba dan diuji untuk memberikan pelatihan kejuruan yang unik kepada
peserta didik dengan mereplikasi skenario kehidupan nyata dan menambahkan
gamifikasi ke konten kursus. Tetapi realitas virtual juga dapat membuka dunia
konten inspirasional bagi pelajar yang dapat dipadukan secara mulus dengan
kurikulum kursus yang ada. Contoh inovatif seperti ClassVR menyoroti bagaimana
realitas virtual dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pelajar dari segala
usia, menghadirkan interaktivitas dan konten visual yang spektakuler ke dalam
lingkungan kelas untuk membantu meningkatkan literasi, mengontekstualisasikan
pengetahuan yang ada, serta meningkatkan keterlibatan dan retensi pengetahuan.
Selain itu, dapat membantu siswa untuk menjadi kreatif dengan mengembangkan
konten imersif mereka sendiri.
Kesimpulan
Pembelajaran
imersif adalah cara yang sangat efektif bagi orang-orang dari segala usia dan
pengalaman untuk memperluas basis pengetahuan mereka dan menyempurnakan
keterampilan baru. Kemajuan teknologi dalam beberapa tahun terakhir, dari
headset VR menjadi lebih terjangkau dan meningkatnya fungsionalitas teknologi
seluler berarti bahwa teknologi imersif sekarang bergerak dari niche ke mainstream.
Kemajuan
ini membuka pintu bagi para pendidik untuk merangkul dan memanfaatkan kekuatan
pembelajaran yang mendalam – dan bagi pelajar untuk belajar tanpa batas dan
memenuhi potensi mereka yang sebenarnya. Meskipun pembelajaran imersif tidak
dapat menggantikan teknik pembelajaran tradisional, hal ini dapat berkontribusi
secara signifikan untuk membuat pembelajaran lebih menarik dan berdampak. Dan
itu pelajaran yang menarik untuk dipelajari oleh kita semua!