Berita

36 Sumber Belajar VR/AR untuk Metode Pembelajaran Immersif yang dapat Digunakan dalam Ruang Kelas Anda

Saat ini merupakan saatnya dunia pendidikan memanfaatkan teknologi di dalam pembelajarnnya. Salah satu ciri khas dari pendidikan 4.0 adalah pembelajaran yang bersifat personalisasi dan kontekstualisasi. Jadi yang melibatkan langsung peserta didik dengan pengalaman dalam pembelajaran. Ada banyak aplikasi berbeda yang tersedia bagi pendidik saat ini yang membantu menempatkan pembelajaran di tangan siswa. Dengan semua teknologi, kita sebagai guru sekarang memiliki peluang tanpa batas untuk mengambil pembelajaran di luar ruang kelas yang terbatas dan sekarang dapat mengakses seluruh dunia, hanya dalam beberapa detik dengan akses dan perangkat yang tepat. Memiliki akses ke teknologi ini membantu menghubungkan siswa dengan pembelajaran dengan cara yang lebih otentik dan bermakna, terutama dengan beberapa kemungkinan bagi siswa untuk terlibat dengan konten melalui penggunaan alat augmented reality dan virtual reality. Pada tulisan sebelumnya kita sudah membahas pembelajaran immersif, maka pada tulisan ini penulis menyajikan sumber belajarnya. Di bawah ini ada 36 sumber belajar berbasis website ataupun aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran di dalam kelas.


Baca Juga : Pembelajaran Immersif, Metode Pembelajaran Masa Depan

1.    Smarteye.id

Smarteye.id merupakan perusahaan bersama PT Telkom Indonesia, kami menciptakan infrastuktur digital generasi berikutnya bagi masyarakat untuk masuk ke industri 4.0 melalui pengembangan konten Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) berkualitas tinggi di Indonesia.

Industri pendidikan juga menjadi salah satu bidang menarik dalam penggunaan teknologi ini. VR AR pendidikan juga dapat membantu siswa memahami pelajaran. Apa buktinya? Berikut 10 contoh penggunaan VR & AR dalam pengembangan dunia pendidikan.

Alchemy VR telah bermitra dengan Ekspedisi untuk menghasilkan pengalaman yang dinarasikan oleh naturalis David Attenborough. Mereka menciptakan pengalaman pendidikan yang imersif dalam skala yang mengesankan. Ini adalah studio realitas virtual eksperimental yang berbasis di London, Inggris.

Website 4D Anatomy merupakan Aplikasi berbasis langganan memungkinkan siswa dan guru untuk menjelajahi anatomi manusia. 4D Interactive Anatomy memberi Anda kendali dalam menavigasi dan belajar dari anatomi fotografi nyata di layar mana pun.

Curiscope didirikan pada awal 2016 dengan keyakinan bahwa mereka dapat menggunakan teknologi AR & VR untuk mengubah cara anak-anak terlibat dan berinteraksi dengan Sains. Bawa pelajaran Anda ke dimensi baru dengan Augmented Reality Virtuali-Tee. Pelajari tentang tubuh manusia…pada tubuh manusia.
Schell Games adalah perusahaan pengembangan game pendidikan dan hiburan dengan layanan lengkap terbesar di Amerika Serikat. Schell Games menghitung beberapa merek paling dihormati di dunia sebagai klien, termasuk The Walt Disney Company, Yale University, SeaWorld Parks, Lionel, The Fred Rogers Company, dan Microsoft Corporation.

Timelooper adalah aplikasi smartphone realitas virtual 360 derajat yang memungkinkan pengunjung menghidupkan kembali momen ikonik dari situs sejarah & budaya di seluruh dunia. Mereka mengubah proses belajar dari yang pasif menjadi aktif. Mereka menghidupkan kelas dengan memberdayakan guru untuk menyampaikan konten yang sangat interaktif dan akurat secara historis dan ilmiah yang akan berfungsi untuk menginspirasi, membangkitkan semangat, dan memberi informasi kepada siswa.
Unimersiv adalah platform terbesar untuk pengalaman pendidikan VR. Dengan mengunduh aplikasi, Anda akan memiliki akses ke berbagai pengalaman yang memungkinkan Anda belajar tentang sejarah, ruang angkasa, atau anatomi manusia. Teknologi menggunakan realitas virtual, bagaimanapun, telah memperkenalkan tingkat baru pendidikan pengalaman. Dunia 3D virtual memungkinkan siswa dan guru untuk mengunjungi tempat-tempat yang tidak mungkin dikunjungi tanpanya. Mereka bisa pergi ke luar angkasa, tempat-tempat bersejarah, gurun pasir, atau negara asing tanpa melakukan perjalanan fisik ke sana. Aplikasi VR Unimersiv tersedia di Samsung Gear VR dan Oculus Rift untuk saat ini.

8. Quiver
Quiver Education konten dirancang seputar topik yang beragam seperti biologi, geometri, dan tata surya. Quiver Education memberikan pengalaman mewarnai augmented reality ajaib yang sama, tetapi dengan fokus yang lebih besar pada konten pendidikan daripada Aplikasi Quiver yang mengagumkan.
Wild Eyes gunakan kamera yang dirancang khusus untuk menangkap dunia alami dalam 360 derajat. Mereka bekerja dengan desainer, organisasi pendidikan, dan guru untuk menghasilkan pelajaran interaktif yang memungkinkan pemirsa untuk melihat gambaran realistis dari pelajaran yang mereka pelajari termasuk Biologi, Fisika, dan Ilmu Bumi. Mereka menggunakan Virtual Reality untuk menciptakan pengalaman pendidikan dan imersif.

CoSpaces Edu adalah teknologi pendidikan yang banyak digunakan di sekolah-sekolah di seluruh dunia dan memungkinkan siapa saja dengan mudah membuat konten virtual mereka sendiri. Dengan CoSpaces Edu, siswa dapat membuat hampir semua hal di kelas!
Immersive VR Education adalah perusahaan realitas virtual/augmented yang didedikasikan untuk mengubah cara konten pendidikan disampaikan dan dikonsumsi secara global dengan menyediakan alat yang dibutuhkan pendidik dan pelatih perusahaan untuk membuat konten mereka sendiri menggunakan ruang kelas virtual atau lingkungan pelatihan virtual.

Dengan aplikasi Expeditions, melalui penggunaan VR dan AR, guru tidak lagi dibatasi oleh ruang kelas. VR memungkinkan Anda menjelajahi dunia secara virtual sementara AR menghidupkan konsep abstrak memungkinkan guru memandu siswa melalui koleksi pemandangan 360° dan objek 3D, menunjukkan situs dan artefak menarik di sepanjang jalan. Perkenalkan siswa Anda pada cara belajar baru dengan virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).
13. Nearpod
Nearpod berusaha untuk memberdayakan pendidik untuk menciptakan pengalaman belajar yang melibatkan dan menginspirasi jutaan siswa di seluruh dunia. Nearpod adalah solusi all-in-one untuk sinkronisasi penggunaan iPad di kelas yang membuat pembelajaran lebih menarik melalui presentasi multimedia interaktif.
ThingLink memberikan gambar peran baru dalam komunikasi dan pembelajaran online. Ini memungkinkan guru untuk membuat gambar dan video interaktif. Ini adalah cara termudah untuk menyimpan dan berbagi catatan dan pengamatan tentang ruang, situasi, dan artefak di dunia nyata.
Boulevard menciptakan pengalaman imersif yang dikendalikan pengguna dan konten pendidikan seni yang diperkaya tidak seperti yang lain dalam realitas virtual, augmented, dan campuran. Boulevard Arts bermitra dengan museum dan situs budaya terkemuka di dunia untuk berbagi koleksi mereka melalui teknologi realitas virtual, augmented, dan campuran.
Elissa Malespina, Penulis dari Augmented Reality in Education: Menghadirkan Interaktivitas ke Perpustakaan dan Ruang Kelas telah membuat webinar tentang penggunaan AR dan VR di kelas. Dia berbicara tentang cara memasukkan AR ke sekolah Anda.
17. zSpace
zSpace adalah platform desktop realitas virtual yang interaktif dan imersif. Sistem ini berfokus pada pembelajaran yang lagi banyak digunakan, khususnya pendidikan STEM, instruksi medis, pelatihan perusahaan, penelitian, dan desain. Aplikasi zSpace melibatkan siswa dalam pengalaman belajar berbasis standar yang selaras dengan kurikulum. Siswa membangun pengetahuan dan pemahaman konsep di berbagai bidang kurikulum dengan fokus yang kuat pada mata pelajaran STEM.
EON Reality mendirikan EON Reality Education, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada memajukan pendidikan dan penelitian Augmented dan Virtual Reality (AVR). EON Reality Education juga akan memandu dan menugaskan proyek penelitian dan pengembangan dengan lembaga mitra untuk lebih memahami manfaat kognitif AVR.
19. ClassVR
ClassVR adalah teknologi baru yang inovatif yang dirancang untuk membantu meningkatkan keterlibatan dan meningkatkan retensi pengetahuan bagi siswa dari segala usia. Ini adalah solusi VR/AR terjangkau pertama di dunia yang dirancang untuk memberikan semua yang dibutuhkan sekolah untuk menghadirkan pengalaman belajar yang menarik, menarik, dan benar-benar imersif, sambil memastikannya sepenuhnya dikelola dan dikendalikan di dalam kelas.
20. ENGAGE
ENGAGE adalah platform pelatihan dan pendidikan realitas virtual canggih yang memudahkan untuk berkolaborasi, berkreasi, dan belajar dalam realitas virtual. Alat ini sangat mudah digunakan dan tidak memerlukan keahlian teknis. Platform ini memungkinkan pendidik dan pelatih perusahaan untuk berbagi konten mereka sendiri dalam pengaturan virtual, menginspirasi siswa baik di ruang kelas, ruang kuliah, atau ruang operasi.
VirtualSpeech menyediakan platform pelatihan bagi orang-orang untuk mempraktikkan soft skill di VR. Menggabungkan VR dengan e-learning atau pelatihan tatap muka memberi peserta kesempatan untuk mempraktikkan apa yang telah mereka pelajari di lingkungan yang realistis, membantu mengembangkan soft skill penting secara lebih efektif. Didirikan oleh Dom Barnard dan Sophie Thompson pada awal 2016.
22. Veative
Veative membawa VR dalam pendidikan yang meningkatkan hasil pembelajaran dan meningkatkan keterlibatan. Veative telah meluncurkan drive Kesadaran untuk Virtual Reality (VR) dalam Pendidikan. Mereka mengembangkan solusi teknologi imersif yang telah menunjukkan kemampuan luar biasa untuk mendidik, melatih, dan memecahkan masalah dunia nyata.
Arch Virtual menciptakan pengalaman pelatihan medis VR yang membantu siswa mempraktikkan operasi bedah. Mereka mempraktikkan prosedur medis di lingkungan realitas virtual sebelum melakukannya secara nyata. Mereka menciptakan lingkungan 3D waktu nyata untuk visualisasi, simulasi, dan pemasaran menggunakan teknologi game dan VR seperti Unity3D dan Oculus Rift.
InMind VR adalah game petualangan tentang perjalanan ilmiah di dalam kimia emosional otak manusia. Hal ini memungkinkan siswa untuk mengalami perjalanan ke otak pasien untuk mencari neuron yang menyebabkan gangguan mental. Permainan ini menekankan pada chemistry di balik emosi manusia, sangat terinspirasi oleh film Pixar/Disney “Inside Out” dan (lebih ilmiah) teori emosi Lövheim.
VR Space adalah salah satu aplikasi VR yang tersedia untuk belajar tentang luar angkasa. Ini adalah tur virtual reality imersif dari Sun Star dan sistem planet. Anak-anak akan mempelajari semua tentang berbagai planet di Tata Surya kita dan dapat menebak beberapa fakta terbesar luar angkasa.

Mission: ISS hingga saat ini adalah aplikasi pendidikan berorientasi ruang yang paling detail dan rumit untuk realitas virtual. Lakukan perjalanan ke orbit dan alami kehidupan di Stasiun Luar Angkasa Internasional!
Salah satu aplikasi VR pendidikan terbaik tentang masalah kimia. Pembelajaran pada MEL Chemistry VR  diselaraskan dengan kurikulum kimia sekolah, mencakup semua topik utamanya.
Universe Sandbox ² adalah simulator luar angkasa berbasis fisika yang memungkinkan Anda membuat, menghancurkan, dan berinteraksi dalam skala yang tak terbayangkan.

29.    The VR Museum of Fine Art

Harus diunduh dulu VR education appJelajahi Lantai Kedua Museum! Jelajahi museum virtual dalam VR skala ruangan: lihat patung terkenal secara penuh, skala 1:1 dan lihat lukisan terkenal tanpa batasan kaca dan penjaga keamanan.

VictoryXR adalah pemimpin dunia dalam pengembangan produk pendidikan realitas virtual dan augmented reality. Pembelajaran gamified VictoryXR untuk sains sekolah menengah dan sekolah menengah atas sambil menjaga semua unit terikat dengan Standar Sains Generasi Berikutnya. Selain gamifikasi, ada 48 kunjungan lapangan virtual di seluruh dunia.
ImmerseMe bertujuan untuk menjadi alat bahasa akademik terbaik di dunia. ImmerseMe menggunakan virtual reality (VR) untuk mensimulasikan percakapan sehari-hari dalam bahasa asing. Anda dapat memilih lebih dari 3.000 skenario interaktif dalam 9 bahasa: Jerman, Spanyol, Prancis, Inggris, Jepang, Cina, Italia, Yunani, dan Indonesia.

32.    FotonVR

FotonVR adalah virtual reality pertama di perusahaan penyedia pendidikan, yang menyediakan solusi lengkap untuk pengaturan kelas VR, pasokan perangkat keras, konten lengkap untuk silabus sekolah dan pelatihan untuk guru. Ini memiliki perpustakaan kegiatan sains terbesar untuk mata pelajaran sains sekolah. Ini adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk sekolah untuk mengajar mata pelajaran sains. Ini memiliki lebih dari 480 aktivitas VR imersif yang mencakup topik biologi, fisika, dan kimia.
Axon Park adalah perusahaan teknologi pendidikan yang berfokus pada demokratisasi akses pendidikan melalui XR dan AI.
34. Thyng
Thyng adalah aplikasi Augmented Reality yang menghidupkan dunia di sekitar Anda! Jelajahi dunia Anda dan alami di ruang nyata, lihat objek 3D, foto, dan video Anda sendiri yang belum pernah Anda miliki sebelumnya.
Narrator AR meluncurkan huruf dari halaman dalam augmented reality (AR). Bagus untuk pelajar visual, huruf melayang dari halaman sebagai roket atau jejak unicorn pelangi dan mengajarkan pembentukan huruf yang benar.
Merge EDU melibatkan siswa dalam sains dan STEM dengan objek dan simulasi 3D yang dapat mereka sentuh, pegang, dan berinteraksi dengannya.